KEGIATAN EKONOMI
2. Distribusi
Distribusi merupakan setiap tindakan atau usaha yang dilakukan baik oleh orang atau lembaga yang ditujukan untuk menyalurkan barang-barang dan jasa-jasa dari produsen ke konsumen. Produsen perlu memikirkan saluran yang bagaimana yang akan dipilih untuk menyalurkan barang dan jasanya dengan tepat dan biaya murah.
Tujuan Distribusi
Tujuan distribusi adalah untuk
menyampaikan barang dan jasa dari tempat produsen ke tempat pengguna
atau pemakai.
Fungsi Distribusi
Peranan atau fungsi distribusi adalah
sebagai berikut:
1. Memperlancar arus penyaluran barang dan jasa
kepada penguna-penguna dapat berupa produsen yang menggunakan bahan
dasar maupun pengguna akhir
2. Menyampaiakan barang dan jasa dari
produsen sampai ke tangan pengguna.
Saluran Distribusi
1. Distribusi langsung dari produsen
ke konsumen
Perpindahan atau pergerakan material dilakukan secara langsung dari produsen ke konsumen. Contohnya adalah peternak mengirimkan susu ternaknya langsung ke rumah konsumen atau melalui toko pengecer miliknya sendiri dan melalui pos.
Perpindahan atau pergerakan material dilakukan secara langsung dari produsen ke konsumen. Contohnya adalah peternak mengirimkan susu ternaknya langsung ke rumah konsumen atau melalui toko pengecer miliknya sendiri dan melalui pos.
2. Saluran tidak langsung
- Produsen – pengecer – konsumen
Contoh barang yang didistribusikan
dengan cara semacam ini adalah alat-alat rumah tangga, furniture, dan
alat-alat sekolah. Terkadang produsen membuat gudang-gudang cabang untuk
memenuhi permintaan produk di daerah lain.
- Produsen – grosir – pengecer
Barang yang disitribusikan dengan cara ini adalah yang tahan
lama dan mudah didapatkan seperti barang yang terbuat dari logam,
obat-obatan, dan bahan makanan.
0 komentar:
Posting Komentar